Rabu, 14 Oktober 2015

Kelayakan Planet Bumi Untuk Kehidupan (GEOGRAFI)

  Setiap makhluk hidup di muka bumi memerlukan unsur-unsur lain yang dapat menunjang kelanjutan kehidupan. Bumi menyediakan berbagai unsur yang dibutuhkan makhluk hidup untuk menunjang kehidupannya. Bagaimana dengan planet lainnya? Apakah juga dapat ditemukan unsur-unsur yang menunjang kehidupan makhluk hidup? Berdasarkan penelitian yang dilakukan, planet bumilah yang menyediakan unsur-unsur yang diperlukan makhluk hidup seperti air, api, tanah, dan udara.

  Selain planet bumi, ada beberapa planet lain dalam sistem tata surya. Apakah di planet-planet lain tersebut dapat menemukan kehidupan seperti di planet bumi? Jika tidak ada, mengapa hal tersebut dapat terjadi? Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh berbagai jenis makhluk hidup. Hingga saat ini hanya bumi yang di jadikan pilihan tempat untuk hidup oleh manusia walaupun tidak menutup kemungkinan akan ada planet lain yang layak untuk tempat tinggal karena sampai saat ini banyak dilakukan penelitian-penelitian tentang alam semesta.

  Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet yang ada di tata surya. Bumi termasuk bagian dalam serta satu-satunya planet yang diketahui memiliki aktivitas geologi dan ditemui keberadaan makhluk hidup. KBumi memiliki sebuah satelit yaitu bulan. Bulan bergerak mengelilingi bumi dan waktu yang dibutuhkan untuk satu putaran adalah 29,5 hari. Kita dapat melihat dengan jelas bulan pada malam hari karena bulan memancarkan cahaya pada malam hari. Akan tetapi bulan seperti halnya planet yang tidak memancarkan cahaya sendiri, karena cahaya tersebut berasal dari matahari.

  Ada banyak fakta/fenomena yang menjadikan bumi layak sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Fakta/fenomena tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Dalam tata surya, ketersediaan air berwujud cair hanya dapat ditemukan di bumi. Sebagian besar permukaan bumi berupa lautan dan sisanya daratan yang tersusun dari dataran, gunung, lembah, dan lain-lain.
  2. Bumi mempunyai lapisan udara yaitu atmosfer yang melindungi bumi dari andin, matahari,sinar ultraviolet, dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini meliputi troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Atmosfer bumi terdiri dari empat gas utama yaitu nitrogen (78%), oksigen (21%), argon kurang dari (1%), dan karbondioksida (0,03%).
  3. Keberadaan kutub utara dan kutub selatan merupakan medan magnetik yang menjaga kestabilan bumi.
  4. Temperatur bumi yang paling tepat untuk kehidupan, meskipun ada bagian di permukaan bumi yang mempunyai suhu terekstrem. Tetapi pada umumnya makhluk hidup ada dalam suasana suhu normal.
  5. Hutan yang dapat ditemui di muka bumi memungkinkan kehidupan tetap berlangsung. Proses fotosintesis pada tumbuhan menjamin kehidupan makhluk lainnya, seperti hewan dan manusia.
  6. Bumi mempunyai satelit yang paling tepat posisinya, yaitu bulan. Dengan keberadaan bulan terjadi fenomena datangnya air pasang dan air surut.
  7. Kecepatan rotasi bumi pada sumbunya merupakan kecepatan yang paling sesuai bagi makhluk hidup. Rotasi bumi terjadi pada barat ke timur.
  8. Adanya pergerakan revolusi bumi.
  9. Relief bumi banyak dipengaruhi tenaga endogen maupun tenaga eksogen. Proses alam endogen atau tenaga endogen adalah tenaga bumi yang berasal dari dalam bumi. Tenaga alam endogen bersifat membangun permukaan bumi. Tenaga alam eksogen berasal dari luar bumi yang bersifat merusak. Jadi, kedua tenaga itulah yang membuat berbagai macam relief di muka bumi ini. Seperti yang kita tahu bahwa permukaan bumi yang kita huni ini terdiri dari berbagai bentukan, seperti gunung, lembah, bukit, danau, sungai dan lain-lain. Adanya bentukan-bentukan tersebut menyebabkan permukaan bumi menjadi tidak rata.

4 komentar:

  1. Terima Kaish bnyak atas informasinya ^^

    BalasHapus
  2. Terima kasih, dengan ini saya menjadi tahu tantang ilmu2 geografi

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terima kasih sekali mas informasinya, sangat menambah ilmu pengetahuan kami. Sukses terus buat blognya.

    BalasHapus